Saturday, May 14, 2011

Hal-hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menyenangkan Diri Sendiri

Ada cara mudah untuk merasa senang atau menyenangkan diri sendiri. Anda dapat meningkatkan self esteem dengan mengikuti tips-tips sederhana dari ahli psikologi Dr Perry Buffington, dalam bukunya Your Behavior is Showing.
1.  Belajar mengerjakan sesuatu yang jarang dikerjakan oleh satu pun dari teman-teman Anda.
Setiap kali Anda melakukan sesuatu yang tidak biasa, Anda akan tampil beda dibanding orang-orang lainnya. Contohnya adalah belajar beberapa gerakan sulap atau tekuni hobi yang tidak umum. Jika Anda agak berbeda dalam arti yang positif, Anda akan merasa teristimewa.

2.  Pelihara hewan atau tanaman.
Para ilmuwan menemukan, merawat hewan maupun tanaman bukan hanya meningkatkan citra diri Anda, tapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mengurangi stres.

3.  Buat daftar dari semua hal baik atau prestasi Anda di masa lalu, dan lihat kembali.
Melihat hal-hal yang Anda lakukan secara baik dan sukses akan mendatangkan rasa percaya pada diri sendiri dan mengilhami Anda untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi.

4.  Usahakan kondisi fisik selalu terjaga dengan baik.
Merasakan tubuh sehat akan berpengaruh pada pikiran Anda, sehingga Anda akan merasa senang dalam menjalani berbagai aktivitas.

5.  Perhatikan penampilan Anda.
Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang sebagai usaha tampil seperti model. Ciptakan sendiri gaya berpakaian Anda dan jadikan penuh warna. Juga kembalikan penampilan yang jadi ciri khas Anda. Misalnya dengan memakai topi yang khas, yang bis membantu Anda membangun citra diri yang kuat.

6.  Tersenyum.
Senyuman membuat orang lain ingin berada di dekat Anda dan membuat Anda merasa istimewa ketika mendapat perhatian mereka.

7.  Luangkan waktu untuk berhubungan sosial atau bergabung dengan organisasi relawan.
Membantu orang lain akan meningkatkan self-esteem Anda. Riset menunjukkan, jika Anda bisa membantu seseorang tanpa diketahui orang itu, self-esteem Anda akan meingkat dua kali lebih tinggi.

0 comments:

Post a Comment