Sunday, May 15, 2011

Tips Mengatasi Insomnia


Hai pembaca, di postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi gangguan kesulitan tidur atau insomnia. Baik, langsung saja teknik itu antara lain adalah apabila:


#10 menit tak bisa tidur
Usap ibu jari
Usap bagian tepi ibu jari pada sisi yang menghadap jari telunjuk selama 1 menit. Usapan ini menstimulir kelenjar pineal untuk melepaskan hormon melatonin yang membuat lebih cepat kantuk, saran Deborah Ardell dalam bukunya Spiritual Reflexology. Sebuah studi Inggris menemukan, cara ini membantu membuat lebih cepat tertidur.


Bayangkan tempat favorit
Sebuah studi menemukan, membayangkan tempat yang tenang dan rileks seperti pantai, pegunungan, dan air terjun membuat tertidur lebih cepat 25 menit dibanding melakukan cara lainnya. Penyebabnya adalah, visualisasi membuat sisi kreatif dari otak yang mendominasi. Hal seperti inilah yang terjadi sebelum tidur.


#20 menit tak bisa tidur
Katakan kepada diri sendiri, Anda tidak memerlukan tidur
Sesudah 20 menit berada di tempat tidur dan belum bisa juga tertidur, kita umunya mulai cemas tak bisa tidur sepanjang malam. Akibatnya kita menjadi lebih tegang dan makin sulit tertidur. Untuk mengatasi hal ini, ingatkan diri Anda, bahwa berbaring dan rileks memulihkan energi sama seperti tidur. Segala sesuatu yang menenangkan pikiran, apakah Anda tertidur pulas atau tidak, membantu Anda mengisi ulang energi.


#30 menit tak bisa tidur
Bangun
Para ahli sepakat, tetap berada di tempat tidur sesudah 30 menit akan membuat makin sulit tertidur. Untuk mengatasinya, coba turun dari ranjang dan kerjakan sesuatu. Membaca diruang lain misalnya, atau bahkan merapikan meja kerja/belajar. Mengerjakan sesuatu yang produktif membantu mengubah pikiran sehingga ketika kembali ke tempat tidur, stres Anda sudah berkurang sehingga lebih mudah tertidur.


Bagaimana menurut Anda? Silakan mencoba bagi yang mengalami gangguan tidur ini!

0 comments:

Post a Comment